• Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size

Komunitas Muwallad Berakhlakul Karimah

Tuesday
Jan 06th
Pisang dan Wortel Cegah Kanker Ginjal PDF Print E-mail
Written by Arby   
Wednesday, 17 September 2008 07:41
ilustrasi
Mengemari pisang dan sayur umbi, seperti wortel dan bit, menurunkan risiko terkena kanker ginjal. Kesimpulan itu diperoleh dari penelitian diet kaya sayur yang melibatkan 61.000 wanita Swedia berusia 40 hingga 76 tahun yang pola makannya terus dipantau selama 13 tahun.

Pada awal penelitian, pola makan para wanita itu didata. Mereka diminta melaporkan apa saja yang dimakan selama enam bulan sebelumnya. Selama 13 tahun kemudian, didapati munculnya sel carcinoma renal, bentuk umum dari kanker ginjal, pada 122 wanita.

Dari pengkajian lebih lanjut disimpulkan, konsumsi buah dan sayur yang tinggi berhubungan dengan rendahnya risiko terkena kanker ginjal. Wanita yang mengasup pisang empat sampai enam kali seminggu memiliki risiko setengah lebih rendah terkena kanker ginjal dibanding mereka yang tidak memakannya sama sekali. Konsumsi sayur umbi seperti wortel dan bit yang teratur juga mampu menurunkan risiko hingga 50 sampai 65 persen.

Menurut pemimpin penelitian, Dr Bahram Rashidkhani dari Karolinska Institute di Stockholm, setiap tahun sedikitnya terdapat 190.000 diagnosis kasus kanker ginjal di seluruh dunia. Penyebabnya mulai dari merokok, hipertensi, obesitas, hingga cemaran bahan kimia. Meski begitu baru penelitian inilah yang mencoba mengaitkan antara kanker ginjal dan diet. 

Dalam penelitian yang dilaporkan dalam International Journal of Cancer itu Dr Rashidkhani menekankan, yang lebih penting dalam diet itu adalah jenis buah dan sayuran tertentu ketimbang keseluruhan sayur dan buah yang dimakan. Pisang, papar Rashidkhani, mengandung antioksidan khusus yang disebut phenolics. Demikian pula kol putih mengandung isothiocyanates, senyawa kimia yang menurut riset di laboratorium sanggup menghancurkan formasi tumor.
 

Pembaca Menulis

Latest Message: 3 months, 1 week ago
    yasir : NAMANYA SAMIR BASYREWAN, MENIKAH KLO GAK SALAH TGL 18 OKTOBER 2008. Embarrassed Embarrassed

    MADz : ya kheir...ana rasa ini website kurang memperlihatkan kesan jamaahnya. Sukron Uber Geek

    admin : to yasir mana jadwalnya?

    iqbal_basagi : Very Happy wah relaunching ya...

    yasir : Jadwal pernikannya mana???? ada sohib ana yang mau kawin 1 bulan lagi lo. Very Happy Very Happy

Only registered users are allowed to post

Pencarian Sasak.Net

Powered by

Sponsor Utama

Zahir

Al Quran Online

Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini21
mod_vvisit_counterKemarin72
mod_vvisit_counterSeluruh8076

Sedang Online

We have 4 guests online